Hadiani Nur. Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia Guru

Tag:

Belajar Menyenangkan Bersama Orang Tua di Rumah

 

Hallo sahabat cerdas berkarakter, Belajar merupakan kebutuhan primer semua orang. Covid-19 tidak bisa menghentikan kita untuk terus belajar. Pemerintah di Indonesia memutuskan untuk tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau biasa dikenal juga dengan istilah BDR (Belajar dari Rumah). Tanpa adanya tatap muka secara langsung antara siswa dan guru tentunya membuat pembelajaran terasa sulit. Sulit bagi guru, sulit bagi siswa, dan tentunya juga sulit bagi orang tua. Sebagian besar orang tua tentunya bingung karena sudah beberapa bulan ini ada profesi baru bagi mereka yaitu sebagai ‘Guru’. Latar belakang yang sangat beragam menuntut orang tua untuk bisa mendampingi anak-anak mereka untuk belajar.

 

Bingung dong ya bagaimana menjadi orang tua yang juga memiliki banyak pekerjaan sekaligus sebagai guru bagi anak-anak di rumah. Ternyata ada Webinar Cerdas Berkarakter yang dilaksanakan oleh Pusat Penguatan Karakter beserta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada salah satu Webinarnya pada hari Sabtu tanggal 8 Agustus 2020, ada sesuatu yang menarik yang disampaikan oleh nara sumber keren yaitu Ibu Lula Kamal yang merupakan Pegiat Pendidikan dan parenting influencer. Berdasarkan pemaparan beliau “Belajar Harus Menyenangkan”. 

Gambar: Webinar Cerdas Berkarakter 8 Agustus 2020

Tentunya Orang tuanya harus kreatif untuk mendampingi anak-anaknya. Sebelum memulai belajar tentunya kita selalu mendampingi anak kita untuk berdoa dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kesukaan mereka. Walapun belajar materi yg sulit tetapi apabila dilaksanakan dengan menyenangkan akan terasa mudah. Belajar sambil bermain merupakan solusi ampuh untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman mereka. Permainan yang dapat meningkatkan kreatifitas memudahkan anak untuk belajar dan pembelajaran akan terasa lebih bermakna. Seperti gambar berikut, anak diajar Belajar Bercerita menggunakan wayang yang dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti kardus bekas.
 
Gambar: Anak diajar belajar bercerita menggunkan wayang sederhana

 Orang tua di rumah bukan berarti harus menjadi seorang guru yang serba tahu, tetapi dapat membantu belajar mereka menjadi menyenangkan dan memberikan solusi apabila ada permasalahan belajar yang mereka hadapi. Dengan belajar secara menyenangkan juga dapat meningkatkan karakter kreatif, inovatif, dan bernalar kritis.

 

Dengan mengikuti Webinar Cerdas berkarakter pada Bulan Agustus tersebut membuat Guru, Siswa, dan Orang tua menjadi lebih memahami tentang pembelajaran pada masa pandemic Covid 19. Tentunya untuk materi dan nara sumber seri webinar Cerdas Berkarakter selanjutnya lebih keren lagi. Ikuti seri webinar cerdas berkarakter lainnya ya!


#CerdasBerkarakter

#BlogBerkarakter

#SeruBelajarKebiasaanBaru

#BahagiaBelajardiRumah


 

 

 

 




0 comments:

Posting Komentar